Mengatasi lovebird yang sering “ngawini” tangkringan

Mengatasi lovebird yang sering “ngawin” tangkringan Pernah menjumpai lovebird yang sering menggesek-gesekkan tulang pubis (supit udang) ke tangkringan / tenggeran? Perilaku ini sering diperlihatkan lovebird jantan, terutama yang tidak didampingi burung betina. Terkadang sudah didampingi betina pun, perilaku ini masih muncul. Bukan hanya itu, burung betina pun juga bisa berperilaku seperti ini. Anda mungkin sudah tahu apa penyebabnya, yaitu lovebird dalam kondisi birahi berlebihan (over birahi / OB). Tetapi mengapa bisa begitu, dan bagaimana solusinya?
Pernah menjumpai lovebird yang sering menggesek-gesekkan tulang pubis (supit udang) ke tangkringan / tenggeran? Perilaku ini sering diperlihatkan lovebird jantan, terutama yang tidak didampingi burung betina. Terkadang sudah didampingi betina pun, perilaku ini masih muncul. Bukan hanya itu, burung betina pun juga bisa berperilaku seperti ini. Anda mungkin sudah tahu apa penyebabnya, yaitu lovebird dalam kondisi birahi berlebihan (over birahi / OB). Tetapi mengapa bisa begitu, dan bagaimana solusinya?Penyebab lovebird sering “mengawini” tangkringan adalah karena birahnya yang berlebihan atau OB. Hal ini terutama akibat pola rawatan yang salah atau tidak tepat. Karena menginginkan burungnya rajin bunyi atau gacor, tidak sedikit lovebird mania yang melakukan setting berbirahi tinggi, baik melalui pemberian pakan dan extra fooding (EF) maupun penjemuran secara berlebihan, tanpa melihat karakter burung.
Lovebird mungkin memang bisa gacor, tetapi dibarengi dengan munculnya perilaku menggesek-gesekkan supit udang atau daerah sekitar kloaka ke tangkringan. .
Perilaku ini makin menjadi-jadi, terutama pada lovebird yang sudah mencapai umur dewasa kelamin, yang pada burung jantan ditandai dengan kemampuannya memproduksi sel sperma atau sel telur pada burung betina.
Apabila burung yang sudah mencapai umur dewasa kelamin selalu disetel dengan pakan dan EF yang membuat birahinya tinggi, tetapi tidak disediakan pasangan, banyak dampak negatif yang muncul. Misalnya, burung akan menjadi sangat agresif.
Selain itu, bisa juga terjadi gangguan seksual. Ketika Anda lalu menyediakan burung berbeda jenis kelamin sebagai pasangannya, lovebird yang terlanjur berperilaku aneh ini belum tentu mau dijodohkan. Ia akan tetap asyik “mengawini” tenggeran.
Karena itu, lovebird dengan perilaku seperti ini harus segera ditangani, agar tidak makin menjadi-jadi.
Berikut ini tip yang bisa Anda lakukan :
- Pindahkan lovebird ke sangkar soliter, yang letaknya jauh dari lovebird lain. Sangkar tidak lagi dipasangi tangkringan. tempat pakan dan air minum juga mesti diletakkan di dasar sangkar. Trik ini bertujuan agar lovebird tak lagi bergantung pada tangkringan, sehingga bisa meredam keinginannya untuk “mengawini” tangkringan.
- Melalui trik ini, burung memiliki kesempatan bergerak (olahraga) lebih banyak. Sebab jika bosan di dasar sangkar, ia akan memanjat jeruji jangkar. Tetapi pada tahap awal, jika kondisi birahin masih tinggi, sangat dimungkinkan burung akan “mengawini” jeruji sangkar / kandang, terutama jeruji bawah.
Pernah menjumpai lovebird yang sering menggesek-gesekkan tulang pubis (supit udang) ke tangkringan / tenggeran? Perilaku ini sering diperlihatkan lovebird jantan, terutama yang tidak didampingi burung betina. Terkadang sudah didampingi betina pun, perilaku ini masih muncul. Bukan hanya itu, burung betina pun juga bisa berperilaku seperti ini. Anda mungkin sudah tahu apa penyebabnya, yaitu lovebird dalam kondisi birahi berlebihan (over birahi / OB). Tetapi mengapa bisa begitu, dan bagaimana solusinya?- Untuk mengurangi birahinya, berikan pakan berupa millet polos saja (millet putih) yang bisa didapatkan di kios pakan burung langganan Anda.
- Frekuensi mandi diperbanyak daripada biasanya, sedangkan porsi penjemuran dikuangi. Kalau perlu, burung cukup diangin-anginkan saja untuk sementara waktu.
- Untuk menstabilkan kondisi kesehatannya, cukup berikan SUNPRO. Produk ini bisa dibeli secara online di website ini, .
- Lakukan semua langkah di atas dengan telaten, sabar, sampai akhirnya lovebird kembali normal.


Semoga bermanfaat.
Salam Ngekek ....ek...ek...ek...


CP. 087835310002
PIN. D5B1CDF9

Super OMEGA

LOVE BIRD