Mengatasi Rontok Bulu Pada Lovebird

Rontok Bulu Pada Lovebird ] Love Bird Solusion Moulting atau rontok bulu pada lovebird yang terjadi adalah ditandai dengan lebih seringnya lovebird melakukan aktifitas mandi di karamba. Jika diamati aktifitas ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam 1 hari, yaitu pada pagi hari dan siang hari. Proses moulting ini sendiri sangat mengganggu aktifitas dari burung ini, rasa gatal dan panas suhu badan, membuat burung harus segera mandi dan mengosok- gosokkan bagian tubuh yang gatal ke media yang keras. Namun jangan kuatir jika ini terjadi pada burung lovebird kesayangan anda, ini adalah proses alamiah yang biasa terjadi.

Rontok Bulu Pada Lovebird ] Love Bird Solusion Moulting atau rontok bulu pada lovebird yang terjadi adalah ditandai dengan lebih seringnya lovebird melakukan aktifitas mandi di karamba. Jika diamati aktifitas ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam 1 hari, yaitu pada pagi hari dan siang hari. Proses moulting ini sendiri sangat mengganggu aktifitas dari burung ini, rasa gatal dan panas suhu badan, membuat burung harus segera mandi dan mengosok- gosokkan bagian tubuh yang gatal ke media yang keras. Namun jangan kuatir jika ini terjadi pada burung lovebird kesayangan anda, ini adalah proses alamiah yang biasa terjadi.Rontok bulu pada lovebird juga ditandai dengan menipisnya atau hilangnya bulu- bulu terutama pada bagian punggung, sehingga akan terlihat bila burung ini menggaruk- garuk punggung dengan paruhnya.

Yang perlu kita lakukan pada saat terjadinya rontok bulu ini adalah pengawasan dan perawatannya. Megawasi dan meneliti, apakah proses rontok bulu atau molting ini akan berakibat buruk atau tidak terhadap kesehatannya. Pada beberapa kasus rontok bulu ini dikarenakan adanya suatu penyakit atau kutu- kutu, yang mengakibatkan rasa gatal.

Untuk perawatan moulting atau rontok bulu ini, jika merupakan proses alamiah pergantian bulu adalah dengan menyediakan air bersih di karamba dan memberikan ekstra fooding untuk tetap menjaga agar lovebird tidak kedinginan. Sedangkan jika disebabkan karena suatu penyakit atau kutu- kutu, sebaiknya burng tersebut segera diisolasi ke kandang yang terpisah untuk perawatan yang lebih intensif.

Penyakit – Penyakit yang disebabkan virus adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu. , gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.
* Gizi buruk – Sebagaimana digambarkan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan karenanya makanan yang kurang gizi bisa menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas (mudah patah, mudah kusam, melintir/ keriting dan sebagainya).
* Kimiawi – penggunaan bahan-bahan  kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu. 
* Stres – Hal ini terjadi terutama untuk burung yang disuapi / loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu baru tidak bisa berkembang sempurna dan sebagainya.

Demikian permasalahan tentang rontok bulu pada lovebird dengan penanganan dan perawatan yang dapat dilakukan.


Semoga bermanfaat.....

Salam Ngekek ....ek...ek...ek...ek...
CP. 087835310002
PIN. D5B1CDF9

Super OMEGA

LOVE BIRD