Memahami Karakter Lovebird……..

Memahami Karakter Lovebird……..

 Memahami Karakter Lovebird ] Love Bird Solusion Mari kita bahas mengenai pemahaman karakter Lovebird. Mgkin sebagian dari kita yang berkecimpung dalam dunia kicau mania terutama dalam Singing Contest (SC), pemahaman karakter menjadi peran sentral dalam mengolah burung menjadi burung Juara, yang kita beli agar bisa tampil dengan baik di lomba dan menjadi juara di tangan kita.


Mari kita bahas mengenai pemahaman karakter Lovebird. Mgkin sebagian dari kita yang berkecimpung dalam dunia kicau mania terutama dalam Singing Contest (SC), pemahaman karakter menjadi peran sentral dalam mengolah burung menjadi burung Juara, yang kita beli agar bisa tampil dengan baik di lomba dan menjadi juara di tangan kita.
Pemahaman karakter merupakan keterampilan yang paling diinginkan dan hal yang wajib dimiliki oleh semua pemain maupun perawat burung contest. Karena dengan keterampilan ini maka setidaknya akan mempermudah seseorang dalam mengolah dan mengorbitkan burung yang di rawat menjadi Juara atau setidaknya mampu bekerja dengan baik di arena lomba.
Sebenarny kunci sukses menjadikan burung berprestasi bukan hanya Pemahaman Karakter semata, ada beberapa faktor yang sebaiknya dipahami terlebih dahulu.
Beberapa faktor tersebut adalah:
1. Pemilihan Bahan yang tepat
2. Pemasteran yang tepat
3. Pemahaman Karakter
4. Perawatan/settingan yang tepat
5. Konsistensi dan sabar
Dalam hal ini mengapa pemahaman karakter saya tempatkan menjadi peran paling sentral dalam rangkaian tahapan mencetak seekor burung juara? Karena ini adalah tahapan tersulit, terlama, dan termahal . Yang menguji kesabaran, ketekunan, ketelatenan dan tentu saja kecerdasan kita. Proses yang tidak semudah membalikkan telapak tangan atau semudah pertanyaan dari seorang pemula namun jawabannya sangat sulit “Bagaimana caranya supaya bikin burung ngekek panjang dan jadi juara?..”
Lalu, sulitkah memahami karakter? …Jawabnya Ya, sangat sulit! . Berurusan dengan makhluk hidup adalah mengenai Psikologi “Pikiran & Hati/Perasaani”,
Banyak yang bertanya apakah semua orang bisa melakukan pemahaman karakter ? Jawabnya Harus Bisa! Karena sesungguhnya jawaban atas setiap pertanyaan belum tentu semuanya ada pada orang yg kita tanya, tetapi terkadang justru ada pada diri kita sendiri. Maka cobalah bertanya, Apakah kita sudah memahami karakter burung sendiri?
Kebanyakan orang hanya sibuk dan fokus meminta settingan kepada orang yang dianggap lebih paham, untuk dicoba diterapkan pada burung peliharaannya. Padahal setiap informasi yang dicari dan didapat tersebut hanya bersifat umum saja. Semua informasi perawatan/settingan itu tidak bisa diterapkan 100% sama persis karena memang setiap burung memiliki karakter sifat dan mau yg berbeda. Sama halnya dengan manusia, semua mahluk hidup yang terlahir adalah unik/berbeda. Karena itulah , semua referensi tersebut harus tetap di olah dan di asah menyesuaikan karakter burung yang ada.
Saya katakan pemahaman karakter adalah kunci! . Karena dengan pemahaman karakter akan menentukan dan menemukan pola perawatan harian dan settingan lomba yg tepat untuk burung kesayangan kita.
Mari sama2 kita pelajari bagaimana sih memahami karakter dan hal apa saja yg menjadi perhatian dalam prosesnya.
Kira-kira seperti ini yang harus dilakukan dalam usaha memahami karakter setiap burung . Silahkan mengembangkan sendiri sesuai selera masing2.
1. Luangkan waktu.
Anda harus punya waktu khusus untuk sekedar berinteraksi dan memperhatikan setiap gerak-gerik, merekam dan mencatat semua kebiasaan burung dalam memori anda.
atur sendiri waktu sesuai kebutuhan dan kesibukan.
2. Memperhatikan.
Garis besar mengenai Hal-hal yang menjadi perhatian khusus dalam usaha memahami karakter biasanya tidak jauh-jauh dari beberapa hal berikut ini:
2.1 Makanan
- Perhatikan jenis dan merk makanan kesukaannya.
Apa yg dimakan dan apa yg tidak disukainya, Baik makanan utama maupun EF (Extra Fooding)
- Tips: Beri makanan utama yang campur dimana ingredient (kandungannya) paling lengkap contoh:Super OMEGA karena Super OMEGA mengandung bahan-bahan yang dapt memenuhi kebutuhan pakan yang diperlukan pada Lovebird Dan beberapa macam EF sekaligus. Cek sisa makanan yang tersisa didalam cepuk/kandang maka anda akan tahu apa saja yg dimakan dan tidak dimakan.
2.2 Mandi
- Perhatikan cara mandi yang paling bisa membuatnya terlihat senang dan perhatikan waktu dan urutannya.
- Tips: Sediakan cepuk minum yg agak besar atau tmpat yang bisa digunakan untuk mandi didalam kandang. Sambil Jemur di matahari pagi yg agak panas antara jam 8-10 dan lihat reaksinya apakah dia mau mandi sendiri dicepuk atau tidak?
Jika tidak mau mandi sendiri maka coba lakukan penyemprotan dengan mencoba berbagai macam metode penyemprotan: Halus, sedang atau Basah kuyup. Dicoba dlm hari yg berbeda dan sebaiknya juga dicoba pada waktu yg berbeda misalnya sore/malam hari.
2.3 Jemur
- Sinar matahari terbaik yg mengandung vitamin yg bermanfaat adalah sinar matahari dibawah jam 10. Maka lakukanlah penjemuran diantara range waktu jam 7-10pagi.
- Yang perlu diperhatian dalam penjemuran adalah urutan ritualnya apakah Mandi dulu lanjut jemur atau Jemur Dulu lanjut mandi serta Durasi (lama-nya) waktu pemjemuran.
- Tips: Perhatikan kondisi burung saat penjemuran utk menentukan durasi (lama-nya) waktu pemjemuran. Apabila badan sudah terlihat mengencang dan paruh sudah terlihat terbuka menandakan terengah2 maka hentikan penjemuran. Sewajarnya penjemuran harus disesuaikan kemampuan burung tidak dipaksakan terlalu lama yang malah bisa merusak kesehatan burung.
2.4 Kandang
Semua mahluk hidup termasuk burung sebenarnya memiliki kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Sebenernya accessories apapun yang kita tentukan dalam kandang seiring berjalannya waktu akan dapat diadaptasi dengan baik tergantung tingkat kemampuan adaptasi yang berbeda2 yang menentukan cepat atau lamanya. Hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini yakni terkait dengan:
- Tangkringan, cepuk dan alas ruji bawah. Untuk itu jangan sampai salah pemilihan Bahan, Jenis dan Ukuran dari alat2 accessories tersebut.
- Tips:
>Untuk pemilihan cepuk (Bahan, Jenis, Ukuran). Perhatikan karakter cara makan nya, apakah tipe yg rapih atau yang suka membuang makanan?. Perhatikan karakter mandinya apakah mandi semprot atau mandi sendiri
>Untuk pemilihan tangkringan. Perhatikan tingkah laku nya. Apakah karakter yang aktif/Gesit atau pembawaannya tenang?. Ini untuk menentukan Jumlah dan model tangkringan yg akan digunakan.
Untuk menentukan Jenis/Bahan/Ukuran tangkringan yang paling cocok tentunya dengan terus melakukan percobaan lebih jauh dengan selalu memperhatikan tingkat kenyamanannya setiap kali mencoba.
2.5 Lingkungan
Penempatan pada lingkungan yang tidak sesuai dengan karakternya bisa merusak mood burung dan pastinya menyebabkan burung tidak bekerja dengan baik saat dilombakan.
Sekarang anggap saja semua burung lomba berkarakter fighter, maka kita kesampingkan dulu yang tidak fighter Dalam karakter fighter pun masih ada yang perlu dipahami, anda harus memperhatikan apakah burung anda memiliki Ego yang tinggi atau masih bisa bersosialisasi?
- Perhatikan tingkah lakunya saat berada dirumah, seandainya memiliki burung lebih dari satu ekor atau ada banyak.
- Tips:
> Jika terlihat gelisah dan cenderung menjadi nakal saat ada suara sahut2an dari burung lain atau saat melihat burung lain saat dijemur, mungkin burung anda termasuk yang memiliki ego tinggi. Untuk yang seperti ini penanganannya tidak cukup sekedar melakukan pengkrodongan secara full, bisa saja dia minta di sendirikan atau dijauhkan dari burung lain.
> Jika sebaliknya dari diatas, burung tidak terganggu dengan kehadiran burung lain. Mungkin burung anda termasuk yang memiliki karakter Toleran dan penanganannya bisa hanya dengan melakukan pengkrodongan saja.
2.6 Birahi
Birahi menjadi salah satu faktor yang sangat penting juga untuk diperhatikan. Dengan memahami karakter birahinya tentu semakin memudahkan dalam menyatukan rangkaian2 hal yg wajib diperhatikan tadi dari point 2.1-2.5 untuk menjadi rangkaian puzzle yang utuh. Perhatikan apakah karakter birahi burung anda termasuk Tipe yang lambat atau cepat?. ini erat kaitannya dengan Takaran,Jenis dari Pakan utama dan EF-nya. Pola mandi dan durasi jemurnya dan nantinya bermanfaat untuk menentukan ritual yang tepat dilapangan selama persiapan sebelum gantang, Apakah perlu dikrodong/buka krodong?, Dijauhkan/ didekatkan dr burung lain & gantangan?, Ditrek dulu/tidak?, Dijemur dulu/tidak?, Dimandikan/tidak?

3. Mencatat.
Catatlah atau sekedar mengingatnya dalam memori anda, semua karakter yang sudah anda pahami dari burung anda. Sehingga anda akan cepat mengetahui dan mengambil penanganan yang tepat jika suatu saat terjadi perubahan karakter pada burung anda yang mana hal tersebut bisa disebabkan bermacam2 faktor.

Dengan usaha memahami karakter ini, dapat dipastikan bahwa kita sudah mendapatkan modal 50% lebih pola rawatan/ settingan harian yang tepat untuk burung kita. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik tentunya masih harus di lanjutkan dengan konsistensi rawatan harian dan terus melakukan percobaan - percobaan untuk mendapatkan settingan lomba yang tepat.
Dengan menguasai keterampilan pemahaman karakter ini akan memudahkan anda bermain burung apapun, tentunya dengan sedikit tantangan yang berbeda tiap jenisnya.
Wajib di ingat! bahwa tidak ada cara cepat untuk membuat seekor burung bisa tampil bagus di arena contest. Semua ada prosesnya dan semua ada waktunya, jadi nikmati saja semua prosesnya dengan sabar dan jangan menjadikan Juara sebagai Tujuan akhir. Motivasi untuk terus belajar dan belajar mencetak burung berkualitas adalah yang penting.

Semoga bermanfaat.
Salam Ngekek ek...ek...ek...ek...

Informasi dan Konsultasi :
Hub : 085647213500
PIN :  D5B1CDF9

Super OMEGA

LOVE BIRD