Mengatasi Lovebird "NGERUJI "

Mengatasi Lovebird NGERUJI ] Love Bird Solusion Apabila LOVEBIRD mengalami birahinya memuncak dan tak tersalurkan, sehebat apapun lovebird itu pasti akan melakukan perilaku NGERUJI. Perilaku ini gampang diamati, karena lovebird lebih sering menempel pada dinding kandang atau jeruji sangkarnya. Burung malas bertengger pada tangkringan yang telah disediakan.

Mengatasi Lovebird NGERUJI ] Love Bird Solusion Apabila LOVEBIRD mengalami birahinya memuncak dan tak tersalurkan, sehebat apapun lovebird itu pasti akan melakukan perilaku NGERUJI. Perilaku ini gampang diamati, karena lovebird lebih sering menempel pada dinding kandang atau jeruji sangkarnya. Burung malas bertengger pada tangkringan yang telah disediakan.Lovebird juara pun bisa ngeruji. Butuh penanganan agar bisa nampil kembali.


Perilaku ngeruji bisa muncul saat lomba, terutama ketika lovebird betina bertemu dengan musuhnya yang berbeda jenis kelamin. Ini terjadi karena burung mengalami over birahi saat menghadapi lawan jenisnya.

Kejadian ini bukan hanya dijumpai pada lovebird rumahan. Lovebird yang biasa dilombakan, bahkan pernah berprestasi pun, bisa mengalami hal seperti ini. Dampaknya lovebird yang ngeruji adalah tidak mau atau jarang ngekek lagi, dan cenderung pasif. Aktifnya hanya terus bergerak di jeruji sangkar / dinding kandang.

Selama perilaku ini belum teratasi, maka lovebird akan merambat-rambat pada jeruji sangkar, sambil berputar-putar. Meski di dalam sangkar sudah ada tangkringan, lovebird jarang mau bertengger, dan lebih suka merambat pada jeruji sangkar. Kalau pun mau nangkring, frekuensinya hanya sedikit.

Jika lovebird (termasuk lovebird juara) mengalami perilaku seperti ini, jangan harap ia mau berbunyi, apalagi ngekek panjang. Selain itu, burung sulit lagi diturunkan di lapangan karena dipastikan tetap memiliki kebiasaan merambat pada jeruji sangkar.

Penyebab utama lovebird ngeruji adalah OVER BIRAHI. Selama birahi belum tersalurkan atau kita tidak berusaha meredamnya, maka selama itu pula perilaku ngeruji akan tetap muncul.

Ada tiga cara untuk mengatasi atau meredam birahi berlebihan pada lovebird, yaitu

-          Mengubah tataletak tangkringan.
-          Mengawinkannya
-          Meniadakan extra fooding (EF)

Mari kita bahas satu persatu :

1. Mengubah tataletak tangkringan
mengubah tataletak tangkringan di dalam sangkar. Dalam hal ini, tangkringan yang ada di tengah sangkar dipindah ke dekat dinding. Jadi letak tangkringan tidak di tengah-tengah, melainkan di pinggir dekat jeruji sangkar.
Dekatkan tenggeran ke jeruji sangkar, agar lovebird terbiasa nangkring.
Jumlah tangkringan yang mepet dinding / jeruji sangkar bisa dibuat dalam jumlah banyak, misalnya 4 tangkringan, dengan posisi saling berhadapan antara tangkringan yang satu dan tangkringan lainnya.

Dengan mengubah posisi tangkringan di dekat jeruji seperti itu, lovebird sesekali akan nangkring juga karena jaraknya sangat dekat dengan jeruji.
Karena sering hinggap, lovebird akhirnya merasa lebih nyaman juga hinggap di tangkringan, sambil membiasakannya. Jika sudah demikian, lovebird mau berbunyi lagi dan siap bertarung dalam lomba.
ada pula cara lain Untuk mengatasi hal ini, menyediakan tangkringan menyilang. menggunakan kayu dari cabang pohon asam, yang sebagian kulitnya dilepas.
“Dua tangkringan dipasang secara menyilang, terutama tangkringan bagian atas. Adapun tangkringan bawah tetap tunggal. Dengan cara ini, Lovebird lebih betah dan merasa nyaman di tangkringan menyilang,”

2. Mengawinkan lovebird
Langkah berikutnya untuk mengatasi lovebird yang over birahi dengan indikasi senang ngeruji adalah mengawinkannya dengan lawan jenisnya. Kalau lovebird yang bermasalah betina, maka carikan saja lovebird jantan yang sudah siap kawin
Sebaliknya, jika yang bermasalah lovebird jantan, carikan lovebird betina yang sudah siap kawin. paling tidak dimaksudkan burung yang sudah mencapai dewasa kelamin, sehingga sudah birahi dan mau kawin.
Kawinkan lovebird untuk meredam birahinya yang berlebihan.
Untuk memperbesar peluang burung mau kawin, sebaiknya menggunakan kandang koloni. Di dalam kandang ini tersedia beberapa ekor burung jantan dan betina, sehingga burung bisa memilih sendiri calon pasangan untuk dikawini.
Apabila sudah berpengalaman, Anda bisa menggunakan kandang soliter. Sebab memang tak mudah mengawinkan seekor lovebird jantan dan betina dalam kandang soliter atau model battery
Ketika dilepaskan dalam kandang koloni, maka lovebird bermasalah itu agar segera mendapat calon pasangan yang diinginkan, sehingga birahinya bisa tersalurkan. Kalau birahi sudah tersalurkan, maka lovebird bisa dikembalikan ke dalam sangkar, dan kemungkinan besar sudah tidak ngeruji kembali.

3. Meniadakan extra fooding (EF)
Mengatasi Lovebird NGERUJI ] Love Bird Solusion Apabila LOVEBIRD mengalami birahinya memuncak dan tak tersalurkan, sehebat apapun lovebird itu pasti akan melakukan perilaku NGERUJI. Perilaku ini gampang diamati, karena lovebird lebih sering menempel pada dinding kandang atau jeruji sangkarnya. Burung malas bertengger pada tangkringan yang telah disediakan.Hal hal ini termasuk faktor yang paling penting untuk mengatasi lovebird yang sering ngeruji adalah meniadakan extra fooding (EF) untuk sementara waktu. Jadi, jangan berikan dulu EF seperti sawi, kangkung, kuaci (biji bunga matahari), maupun jagung muda.
Selama perawatan, cukup berikan millet putih dan air minum.
Burung cukup diberi pakan utamanya saja, yaitu millet putih, plus air minum. Dengan cara demikian, lovebird hanya mendapat asupan nutrisi pokok saja.Penurunan kadar protein akan membuat birahi burung secara berangsur-angsur menurun. Jika birahi sudah kembali ke level normal, maka lovebird pun akan mau bertengger lagi di tangkringan.


Semoga bermanfaat.....
Salam Ngekek .....Ek...ek...ek...

Informasi dan Konsultasi
Hub : 085647213500
PIN :  D5B1CDF9

Super OMEGA

LOVE BIRD